9.10.2011

Puasa Setahun Penuh

Salamualaikum dan salam sejahtera kepada sahabat yang mengunjungi blog ini ,Sahabat sekarang kita berada di bulan Syawal Salah satu dari pintu-pintu kebaikan adalah melakukan puasa-puasa sunnah.  Salah satu puasa yang dianjurkan/disunnahkan setelah berpuasa di bulan Romadhan adalah puasa enam hari di bulan Syawal.Puasa ini mempunyai keutamaan yang sangat istimewa seperti dalam hadis ini:



Dari Abu Ayyub Al Anshori, Rosululloh bersabda, “Barangsiapa yang berpuasa Romadhon kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia seperti berpuasa setahun penuh.” (HR. Muslim no. 1164).


Dari Tsauban, Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa berpuasa enam hari setelah hari raya Iedul Fitri, maka seperti berpuasa setahun penuh. Barangsiapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh lipatnya.” (HR. Ibnu Majah dan dishohihkan oleh Al Albani dalam Irwa’ul Gholil).


Imam Nawawi rohimahulloh mengatakan dalam Syarh Shohih Muslim 8/138, “Dalam hadits ini terdapat dalil yang jelas bagi madzhab Syafi’i, Ahmad, Dawud beserta ulama yang sependapat dengannya yaitu puasa enam hari di bulan Syawal adalah suatu hal yang dianjurkan.” Sebagaimana yang disabdakan Rosululloh Shollallohu ‘alaihi wa sallam: “Maukah aku tunjukkan padamu pintu-pintu kebaikan?; Puasa adalah perisai, …” (Hadits hasan shohih, riwayat Tirmidzi).


Puasa dalam hadits ini merupakan perisai bagi seorang muslim baik di dunia maupun di akhirat. Di dunia, puasa adalah perisai dari perbuatan-perbuatan maksiat, sedangkan di akhirat nanti adalah perisai dari api neraka. Dalam sebuah hadits Qudsi disebutkan, “Dan senantiasa hamba-Ku mendekatkan diri kepadaKu dengan amalan-amalan sunnah sehingga Aku mencintainya.” (HR. Bukhori: 6502)

Jadi puasa di bulan syawal selama enam hari sangat bermanfaat sekali bahkan seperti Puasa  Setahun Penuh gimana sahabat ?


3 komentar:

Aulawi Ahmad mengatakan...

semoga bisa menjalankan puasa di bulan syawal ya bro :)

irul-green mengatakan...

wah,tahun ini saya tdk menjalani puasa syawal bro..

AkuInginPulangDiKalaSenja mengatakan...

Wa'alaikumsalam....
Ya, semoga bisa mengambil hadiah Allah dengan puasa syawal ini ^^

Posting Komentar

Terimakasih sahabat telah berkunjung di blog sederhana ini
saya ada blog yang lain yaitu taman kunang-kunang terimakasih

Artikel

Followers