1.11.2010

Meraih ambisi






Kebahagiaan seseorang akan semakin bertambah, berkembang, dan mengakar adalah manakala ia mampu mengabaikan semua hal sepele yang tak berguna. Karena, orang yang berambisi tinggi adalah yang lebih memilih akhirat.

Syahdan, seorang ulama salaf memberi wasiat kepada saudaranya demikian, “Bawalah ambisimu itu ke satu arah saja, yakni bertemu dengan Allah, bahagia di akhirat, dan damai di sisi-Nya.”

{Pada hari itu kamu dihadapkan (kepada Rabb-mu), tiada sesuatu pun dan keadaanmu yang tersembunyi bagi Allah.} (QS. Al-Haqqah: 18)

Tidak ada ambisi yang lebih mulia selain ambisi yang demikian itu. Apalah arti sebuah ambisi yang hanya tertuju pada kepada kehidupan ini saja. Karena, semua itu hanya akan bermuara pada ambisi untuk meraih kedudukan, jabatan, emas perak, anak-anak, harta benda, nama besar dan kemasyhuran, istana-istana dan rumah-rumah besar yang kesemuanya ini akan musnah dan sirna.

Allah s.w.t. menggambarkan salah satu sifat musuh-musuh-Nya, yakni kaum munafik sebagaimana berikut:

{Sedangkan yang segolongan lagi telah dicemaskan oleh diri mereka sendiri. Mereka menyangka yang tidak benar terhadap Allah.} (QS. Ali Tmran: 154)

Begitulah, mereka hanya berambisi memuaskan hawa nafsu, perut, dan syahwat mereka. Maka, mereka pun tak memiliki ambisi yang lebih tinggi dari itu.


10 komentar:

Aditya's Blogsphere mengatakan...

Jarang maen kesini aq bang soale di profil udah ga ada lagi list blognya hehehehe apa kabar nih bang?

Edo Belva mengatakan...

ooohh...terimakasih telah mengingatkanku yang bodoh ini..

setiakasih mengatakan...

na 'auzubillahhi min jalik.

Aulawi Ahmad mengatakan...

yah godaan terbesar memang gak jauh dari urusan syahwat bro, apapun dilakukan utk memnuhi kebutuhan itu, smoga kita terhindar dari sifat spt itu amin...

Ivan Kavalera mengatakan...

Maha Benar Segala Firman-Nya..

nuansa pena mengatakan...

Pencerahan yang mantap, kita arahkan ambisi kita selalu kearah positif!

Aditya's Blogsphere mengatakan...

Bang kurniawan gmn kabarnya bang?

Aditya's Blogsphere mengatakan...

Mohon pendapatnya untuk posting saya yang ini http://www.secretoftrifle.co.cc/2010/01/komentar-di-blog-yang-bikin-jengah.html
sebelum kontrovesi datang...mohon urun rembug nya ya bang.....

rahmatea mengatakan...

hendaknya kita selalu punya ambisi bukan hanya untuk urusan dunia tapi juga ambisi untuk sukses di dunia dan akhirat kelak. semoga Allah selalu membimbing kita semua, amin....

kurniawan.q mengatakan...

.

Posting Komentar

Terimakasih sahabat telah berkunjung di blog sederhana ini
saya ada blog yang lain yaitu taman kunang-kunang terimakasih

Artikel

Followers